Maghrib Mengaji

Mahasiswa KUKERTA Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang yang mengabdi di Toapaya Asri, Kecamatan Toapaya, Kelurahan Topaya Asri dalam program salah satu yang dijalankan yaitu Maghrib Mengaji. Agar program ini berjalan dengan baik, maka peserta KKN Toapaya Asri mengajak masyarakat Daerah Toapaya Asri khusus untuk anak-anak. Tujuan kegiatan ini agar dapat memakmurkan masjid, serta meningkatkan akhlaqul karimah dengan membiasakan diri untuk selalu membaca dan menerima Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Karena mereka adalah generasi penerus bangsa yang berlandaskan syariat Islam.

Kegiatan Maghrib Mengaji berlangsung dari Tanggal 11 Februari 2020 – 6 Maret 2020. Selaras dengan nama kegiatan ini, Magrib Mengaji dilakukan setiap hari setelah sholat . Setelah sholat Maghrib anak-anak langsung berkumpul membentuk lingkaran. Selain membaca Al-Qur’an, Iqro, doa-doa pendek sehari-hari, serta ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an juga membaca. Selain ini, Peserta KKN Toapaya Asri mengadakan setoran hafalan bacaan Al-Qur’an, hal ini dilakukan, agar bacaan mereka tidak hilang begitu saja.

Alhamdulillah dengan beriringnya waktu, program kerja ini berhasil menarik perhatian Anak-anak di Kelurahan Toapaya Asri, karena dapat diakses dari semakin banyaknya jumlah anak dan anak-anak yang ikut gerakan maghrib mengaji dari hari ke hari.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini  anak-anak dapat memanfaatkan waktu antara Maghrib dan Isya dengan efektif untuk beribadah kepada Allah dan memperdalam wawasan keagamaannya dan tidak menghabiskan waktunya untuk hal yang kurang bermanfaat. Tujuan lain adalah sebagai upaya menumbuhkan kesadaran akan fungsi dan peranan Al-Qur’an bagi pedoman hidup manusia, sehingga Al-Qur’an tetap di baca dan dipelajari sekalipun telah tamat (Khatam) dari Taman Pendidikan Al-Qur’an. Serta dengan Maghrib Mengaji ini bisa sebagai wadah untuk mempersiapkan pemimpin yang memiliki karakter berakhlakul-karimah, serta cerdas, intelektual, sosial dn spiritual.