Profil Desa

         Kelurahan Toapaya Asri adalah kelurahan yang terbentuk pada tanggal 03 desember 2007. Kelurahan Toapaya Asri merupakan satu-satunya kelurahan yang terdapat dikecamatan toapaya dan sebagai ibu kota kecamatan yang menjadi pusat pemerintahan di seluruh wilayah yang termasuk wilayah ini. Kelurahan ini memiliki wilayah dengan topografi mendatar dengan tidak ada daratan, kelurahan Toapaya Asri memiliki banyak tanah pertanian, tanah, daerah ini banyak menghasilkan hasil pertanian yang berkualitas.

Berdasarkan perda nomor 11 tahun 2007 dan perda nomor 12 tahun 2007 tentang pembentukan kelurahan / desa dan kecamatan baru. Pada tanggal 23 agustus 2007 terbentuklah kecamatan toapaya dengan satu kelurahan yaitu kelurahan toapaya asri dan tiga desa yaitu toapaya, toapaya selatan dan toapaya utara.

Kelurahan toapaya asri kecamatan toapaya kabupaten bintan telah diresmikan pembentukannya oleh bupati bintan pada tanggal 3 desember 2007 bertempat di Gedung wisma karya PT. ANTAM, tbk kijang, dan berdasarkan keputusan bupati bintan nomor: SK. 821.24 / 77 tahun 2007 tanggal 30 november 2007 telah dilantik dan diambil sumpah sdr. Agus Haizar sebagai lurah toapaya asri yang pertama.       

          Kelurahan Toapaya Asri dipimpin oleh lurah, serta dibantu oleh sekretaris lurah, kepala seksi pemerintahan, kepala seksi pembangunan, kepala seksi kesejahteraan sosial, dan kepala seksi ketertiban. Berikut struktur organisasi dan tata kerja kelurahan toapaya asri kecamatan toapaya kabupaten bintan:

 

Visi Dan Misi Kelurahan Toapaya Asri
Kecamatan Toapaya
Kabupaten Bintan

MOTTO KELURAHAN TOAPAYA ASRI
“Melayani Dengan Profesional dan Sepenuh Hati”

VISI: “Mewujudkan Masyarakat Toapaya Asri Yang Rukun, Maju Dan Berbudaya”

Misi:

  1. Melaksanakan pelayanan yang sesuai dengan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik (Good Government) juga mewujudkan tata kelola pemerintahan yang berdaya guna.
  2. Meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan serta penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum.
  3. Melaksanakan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan potensi lokal yang ada.
  4. Membangun hubungan kerjasama yang sinergis dengan semua pihak terkait dalam melakukan pembangunan.

 

Gambar: Letak Wilayah Toapaya Asri di Kabupaten Bintan

Gambar: Letak Wilayah Toapaya Asri dengan negara lain di sekitarnya