Mahasiswa Umrah Ikut Memeriahkan Kegiatan MTQ Tingkat Kecamatan Toapaya

Pada tanggal 26 Februari 2020 tepatnya pada hari Rabu kami peserta KKN Universitas Maritim Raja Ali Haji tahun 2020  ikut berpartisipasi pada acara MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) yang di selenggarakan oleh pihak Kecamatan Toapaya. Musabaqah Tilawatil Qur’an adalah bidang lomba membaca Al-Qur’an dengan bacaan mujawwad, yaitu bacaan Al-Qur’an yang mengandung nilai ilmu membaca (tajwid), seni (lagu dan suara), dan etika (adab) membaca.

Acara ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya dengan maksud dan tujuan yaitu Meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalanisi kandungan Al-Qur’an. Meningkatkan Ukhuwwah Islamiyah antarperguruan tinggi se-Indonesia Melestarikan seni dan budaya Qur’ani bangsa Indonesia serta menyeleksi putra putri terbaik Kecamatan Toapaya yang nantinya akan mengikuti perlombaan MTQ tingkat selanjutnya.

Dalam  Acara MTQ Yang diresmikan dan dibuka langsung oleh Camat Toapaya Bapak Qardinar menyampaikan kata pembuka dan  Berharap kedepannya yaitu semoga nantinya putra putri Kecamatan Toapaya dapat terus mempelajari serta melestarikan budaya Qur’ani sejak dini sehingga dapat meningkatkan pemahaman mengenai ilmu agama, yang mana zaman sekarang sudah sangat jarang ditemui anak-anak, remaja serta orang dewasa yang kurang melestarikan budaya Qur’ani, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor kehidupan salah satunya yaitu kemajuan teknologi yang semakin berkembang.

Dalam kegiatan MTQ ini Kelurahan Toapaya Asri Akhirnya berhasil menjadi Juara Umum dan hasil ini menjadikan Kelurahan Toapaya Asri Untuk ke-3 kalinya memegang peringkat Juara Umum secara berturut-turut untuk perlombaan MTQ tingkat Kecamatan Toapaya Kabupaten Bintan.  Tidak Lupa kami pun ikut mengabadikan moment istimewa bersama dengan perangkat kantor camat dan Lurah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *