Kunjungan Ke Pusat Oleh-Oleh Di Kelurahan Toapaya Asri

Pada tanggal 21 Februari 2020 tepatnya pada hari Jum’at. Kami peserta KKN Universitas Maritim Raja Ali Haji melakukan kunjungan ke pusat oleh-oleh yang ada di Kelurahan Toapaya Asri. Usaha ini di beri nama Kube Rizky. KUBE adalah Kelompok Usaha Bersama yaitu salah satu program pemerintah yang ada pada Kementerian Sosial RI khususnya di Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan yang bertujuan untuk memberdayakan kelompok masyarakat miskin dengan pemberian modal usaha melalui program Bantuan Langsung Pemberdayaan Sosial (BLPS) untuk mengelola Usaha Ekonomi Produktif (UEP).

Adapun jenis-jenis produk yang dijual di kube ini yaitu seperti berbagai stik olahan yang bahan bakunya langsung diperoleh dari petani setempat misalnya seperti stik bayam, stik wortel, stik buah naga, stik ubi jalar dan stik lainnya. Selain stik ataupun kerupuk, kube ini juga menjual dodol dengan  berbagai varian rasa diantaranya dodol buah naga, dodol pisang, dan dodol nanas. Semua produk yang diolah di kube ini merupakan produk diversifikasi vertikal.

Mata pencaharian utama masyarakat Kelurahan Toapaya Asri adalah sebagai petani jadi tak heran jika penduduknya memanfaatkan hasil pertanian sebagai produk-produk yang lebih bernilai sehingga nantinya dapat membantu perekonomian masyarakat Kelurahan Toapaya Asri. Produk-produk yang dihasilkan tidak hanya dijual di sini saja tetapi juga dijual ke pusat oleh-oleh yang ada di Tanjungpinang karena tempatnya yang lebih strategis sehingga berkemungkinan besar produk-produk tersebut lebih laris.

Berikut adalah dokumentasi kunjungan serta kegiatan di pusat oleh-oleh KUBE Rizky yang ada di Kelurahan Toapaya Asri :

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *