Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi masyarakat. SDM yang berkualitas adalah modal utama dalam pembangunan masyarakat Indonesia.  Oleh karena itu, perlunya melakukan pemetaan SDM di suatu daerah agar pemerintah daerah tersebut dapat membuat keputusan yang tepat dalam pemanfaatan SDM untuk mengelola potensi yang ada di daerah tersebut demi kemajuan daerahnya.

Karena hal tesebut, Mahasiswa KKN Universitas Maritim Raja Ali Haji di Kelurahan Kawal melaksanakan kegiatan pemetaan sumber daya manusia yang ada dikelurahan kawal.  Tujuan dari pemetaan ini yaitu memberikan informasi mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber daya manusia di wilayah kelurahan kawal serta membantu kelurahan untuk memperbaharui datanya.

Kegiatan ini dilakukan dengan observasi dan merekap data dari Kartu Keluarga masyarakat Kelurahan Kawal. Dari data yang didapat oleh mahasiswa KKN Universitas Maritim Raja Ali Haji, sumber daya manusia terbagi menjadi 2 aspek, yang pertama dari aspek pendidikan, dan yang kedua dari aspek pekerjaan.

Dalam aspek pendidikan terdapat 4.559 orang yang terdata, dengan rincian; Tidak/Belum sekolah sebanyak 2.142 orang, SD berjumlah 886 orang, SMP berjumlah 599 orang, dan SMA berjumlah 932 orang.

Dalam aspek pekerjaan terdapat 1.367 orang yang terdata, dengan rincian; Petani sebanyak 391 orang, Nelayan sebanyak 367 orang, Buruh sebanyak 255 orang, PNS/TNI-POLRI sebanyak 149 orang, Pedagang sebanyak 111 orang, Wiraswasta sebanyak 76 orang, dan Honorer sebanyak 18 orang.

Diharapkan dengan adanya pemetaan SDM ini, pemerintah dapat bekerjasama dengan dengan masyarakat untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri masyarakat tersebut agar dapat meningkatkan kemakmuran di daerah Kelurahan Kawal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *