Sumber Daya Fisik

Hari Jum’at 28 Februari 2020, Mahasiswa KKN Universitas Maritim Raja Ali Haji di Kelurahan Kawal melaksanakan kegiatan pemetaan sumber daya fisik yang ada dikelurahan kawal.  Tujuan dari pemetaan ini yaitu memberikan informasi mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber daya fisik di wilayah kelurahan kawal.

Dalam pemetaan sumber daya fisik yang dilakukan mahasiswa KKN Universitas Maritim Raja Ali Haji yaitu dengan obeservasi dan pendataan sumber daya fisik yang ada dikelurahan kawal. Dari data yang didapat oleh mahasiswa KKN Universitas Maritim Raja Ali Haji, sumber daya fisik terbagi dari 2 kategori, yang pertama bangunan pemerintahan dan fasilitas umum. Dalam bangunan pemerintahan terdiri dari beberapa bagian yaitu : kantor camat, kantor lurah kawal, sd, smp, posyandu,dinas perikanan, puskesmas, UPTD pelayanan usaha perikanan kecamatan Gunung Kijang dan KUA kecamatan Gunung Kijang. Sedangkan fasilitas umum meliputi, Masjid, kelenteng dan Gor Kawal.

Dalam bangunan Pemerintahan, yang terdiri kantor camat, kantor lurah, Dinas Perikanan. UPTD pelayanan usaha perikanan kec. Gunung Kijang, KUA , kec. Gunung Kijang,  Sekolah Dasar dikelurahan kawal yang terdiri dari SD N 007 Gunung Kijang, SD N 002 Gunung Kijang, dan SD N 006 Gunung Kijang. Adapun SMP yang ada dikelurahan kawal terdiri dari SMP 5 Bintan dan MTsn miftahul ulum Kawal. Kelurahan kawal tidak memiliki SMK atau SMA. Posyandu di kelurahan kawal terdiri dari 4 meliputi: posyandu kencana I, posyandu kencana II, posyandu kencana III, dan posyandu kencana IV.

Sumber Daya fisik berbentuk Fasilitas umum terdiri dari Gor Kawal, kelenteng dan masjid. Masjid dikelurahan kawal terdiri dari beberapa masjid, yaitu : masjid raya An-nur, masjid nurul iman, masjid darul muta’alim, masjid fajrul falah, masjid al-furqon dan masjid al ishlah.

Dengan adanya pemetaan sumber daya fisik akan membantu medapatkan informasi yang cepat, akurat, efektif, efisien akan data sumber daya fisik disamping pengaksesannya. Dalam pendekatan sistem ini, infomasi sumber daya fisik tidak hanya ditampilkan dalam bentuk grafik namun juga dalam bentuk peta yang interaktif. Sehingga pengguna mudah untuk melakukan pemutahiran data tanpa harus mengulangi kerjaan dari awal, cukup menambahkan perubahan yang terjadi .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *