Sumber Daya Alam

Mahasiswa KKN UMRAH juga mempunyai program tersendiri yaitu melakukan pemetaan di wilayah kelurahan kawal, salah satunya yaitu pemetaan sumber daya alam yang ada di kelurahan kawal. Tujuan dari pemetaan ini adalah untuk mengetahui seberapa besar potensi dari sumber daya alam yang ada di wilayah kelurahan kawal ini.

Kebun Semangka sebagai salah satu sumber daya alam yang ada di kelurahan kawal

Salah satu sumber daya alam yang terdapat di kelurahan kawal adalah kebun semangka, kebun yang letaknya di RT 004 RW 001 mempunyai luas kurang lebih 1/2 hektar, bisa menanam bibit sekitar 2000 bibit dengan jangka waktu 55 hari sekali panen. Untuk sekali panen bisa sampai 2 ton. Dan untuk hasilnya menurut yang mempunyai lahan, biasanya hasil panen dijual ke Tanjung Pinang dan juga dijual sendiri.

Hasil panen dari kebun semangka yang dijual sendiri

Selain dari kebun semangka dari sumber daya alam yang ada di kelurahan kawal, ada juga kebun pepaya. Lokasi kebun yang letaknya agak kedalam membuat para mahasiswa sedikit kesulitan untuk menuju kesana, menurut salah satu mahasiswa yang bernama Luqman Firdaus, dirinya dan teman-teman mahasiswa lainnya hampir kesasar saat jalan pulang dari kebun pepaya itu. Itu luasnya diperkiraan sekitar 2 hektar, Untuk produksi nya para mahasiswa belum mendapat informasi untuk itu.

Kebun pepaya yang terdapat di kelurahan kawal

Selain kebun pepaya, ada juga kebun pisang sebagai salah satu sumber daya alam yang ada di kelurahan kawal. Ada sekitar kurang lebih 3 kebun pisang yang terdapat di kelurahan kawal. Untuk luas sekitar 1/2 hektar untuk masing-masing kebun.

Salah satu kebun pisang yang terdapat di kelurahan kawal

Ada juga kebun kelapa yang terdapat di kelurahan kawal ini, ada sekitar kurang lebih 5 kebun yang ada dikelurahan kawal. Masing-masing kebun mempunyai luas sekitar kurang lebih 300 meter persegi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *