Program Pintar Mengaji Upaya Membangun Generasi Qurani pada Anak-anak Persisir.

selasa,25 febuari 2020

Suasana kegiaran “pintar mengaji” bersama anak-anak persisir kawal dan mahasiswa KKN UMRAH 2020

 Assalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Saya disini akan sedikit berbagi cerita tentang kegiatan program kerja (proker) yang saya jalankan selama KKN/Kukerta di kelurahan Kawal Bintan, Kec.Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Pada kegiatan KKN kali ini saya memilih program kerja dengan Tema “Pintar Mengaji” yang  di laksanakan di Rt 04 Rw 01 yang pelaksaannya rutin pada  Malam hari selepas shalat magrib hingga waktu shalat isya yang mana waktu ini adalah waktu yang sangat istimewa bagi umat Islam. Tujuan saya mengadakan program ini supaya anak-anak di kelurahan ini dapat memanfaatkan waktunya menjadi lebih bermanfaat jika dibandingkan hanya menghabiskan waktu didepan televisi.

Anak-anak di kelurahan ini pun sangat antusias mereka datang sebelum kami para pengajar datang, mereka telah siap dengan pakaian yang sopan serta membawa sebuah  iqra’ maupun alquran, dengan segala keterbatasan yang ada baik tempat proses belajarnya yang menurut saya kurang nyaman serta penerangan yang masih minim namun tidak mengurangi semangat anak-anak di kelurahan ini untuk belajar. 

Seperti yang dapat kita semua lihat pada zaman moderenisasi ini kegiatan mengaji tidak menjadi hal yang di utamakan lagi pada kehidupan sebagian orang tua, karena bukan merupakan pendidikan formal. Sebagian orang tua berpikiran bahwa dengan sekolah saja anak sudah mendapat pelajaran agama. Dengan pola pikir yang seperti ini perlahan Seiring berkembangnya zaman tradisi mengaji ini sudah mulai di tinggalkan, Oleh sebab itu kami mahasiswa KKN menghidupkan kembali kegiatan membaca Alquran  setiap habis magrib pada anak-anak pesisir kelurahan kawal dengan tujuan supaya tradisi ini tidak hilang dan anak-anak dipesisir kelurahan kawal lebih mahir dalam membaca alquran dan lebih bisa memanfaatkan waktu antara Maghrib dan Isya dengan efektif untuk beribadah dan memperdalam wawasan keagamaannya dan tidak meng-habiskan waktunya untuk  hal-hal yang kurang bermanfaat.

“Secara saya pribadi berharap program yang diluncurkan ini dapat menjadi warisan yang positif dan dapat terus berjalan untuk anak-anak di pesisir kelurahan kawal dan dilaksanakannya program mengaji itu dapat mewujudkankan tertanamnya nilai akhlak keislaman sekaligus mencetak jiwa yang islami, sehingga menjadikan anak-anak pesisir kelurahan kawal anak yang mempunyai akhlaqul karimah “ tutur Aman Arafa selaku RT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *