Penanaman 1000 MANGROVE yang diadakan oleh Mahasiswa KKN UMRAH

1 Maret 2020

 

penanaman 1000 mangrove bersama DPL Umrah Lurah dan kepolosian setempat di bantu dengan masyarakat setempat

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) kelurahan kawal, Universitas Maritim Raja Ali Haji menyelenggarakan kegiatan penanaman bibit mangrove di pulau pesisir Sei Kawal, Kelurahan Kawal, kec. gunung kijang. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari minggu, tanggal 1 Maret 2020. Mahasiswa kukerta menamai kegiatan penanaman 1000 bibit mangrove ini dengan tema “One mangrove for the next Ten years”.

Kegiatan penanaman mangrove ini bekerja sama dengan BPDASHL SJD (Balai pengelola daerah aliran sungai dan hutan lindung seijang duriangkang) dalam pengadaan 1000 bibit mangrove secara gratis.

Dalam kegiatan penanaman ini dihadiri oleh Bapak lurah kawal, Bapak Bhabinkam Tibmas dan Ibu dosen fikp umrah dengan jumlah 27 peserta. Peserta terdiri dari siswa SMP, Kelompok karang taruna dan masyarakat.

Mangrove berfungsi sebagai pencegah abrasi, pemecah ombak dan sebgai tempat tinggal biota-biota laut seperti kepitinng, udang dan ikan.

“Kami disini tanam dengan metode rumpun yaitu 1 lubang dengan 5 bibit mangrove. Hal ini untuk memastikan semua yang ditanam hidup. Karena menurut penelitian tingkat keberhasilan kehidupan mangrove sebesar 20 persen”, terang Desi ramadhani selaku Ketua pelaksana kegiatan

“Kegiatan penanaman mangrove ini sangat bagus untuk melindungi dari abrasi pantai, terlebih lagi disini banyak rumah pesisir. Dengan banyaknya isu lingkungan belakangan ini, program penanaman dan budidaya mangrove harus terus digalakan” terang wiryawan wira, SE selaku Kepala Lurah Kawal (1/3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *