Mahasiswa Kukerta UMRAH di Kelurahan Kawal, Kembali Mengadakan Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Teknologi Tepat Guna.

26 februari 2020

Kali ini diadakan di kawal pesisir rt o4 rw 01, kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat pesisir kawal. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 februari 2020 dihadiri sekitar 15 orang, kegiatan ini dilaksanakan di balai pertemuan kawal pesisir rt 04 rw 01.

Dalam penyampaian nya diisi oleh mahasiswa kukerta UMRAH Kawal yaitu : Nuri Widyastuti. Pemberdayaan ini di lakukan agar masyarakat bisa lebih mandiri, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, masyarakat diberdayakan secara ekonomi maupun sosial. 

Kelompok nelayan yang berada di pesisir kawal sudah tidak aktif lagi, banyak dari mereka kehidupannya sangat tergantung pada toke. Masih banyak dari mereka yang memiliki pendidikan rendah, dan berpenghasilan rendah.  Kehidupan masyarakat pesisir sangat tergantung pada toke, fasilitas penangkapan, hasil tangkapan yang di dapat oleh nelayan, itu akan dikembalikan oleh nelayan, sehingga uang hasil tangkapan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, waktu yang dipergunakan habis dilaut.

Masyarakat pesisir dimaksudkan adalah masyarakat yang tinggal di daerah pesisir dan sumber kehidupan perekonomiannya bergantung secara langsung pada pemanfaatan sumberdaya laut dan pesisir  melalui kegiatan penangkapan dan budidaya. Ketertinggalan dan keterbelakanagan sebagian masyarakat pesisir jika dibandingkan dengan potensi sumber daya laut seharusnya masyarakat pesisir lebih sejahtera dibandingkan dengan masyarakat lainnya. Namun pada kenyataan masih banyak masyarakat yang tertinggal. Kehidupan masyarakat pesisir dan keluarga nelayan belum bisa dikatakan sejahtera bahkan mereka dilanda kemiskinan.

Dengan itu kami membantu masyarakat pesisir dalam memberdayakan masyarakat pesisir melalui teknologi tepat guna, kami membantu masyarakat pesisir hasil tangakapan yang didapat bisa diolah dan bisa menghasilkan nilai tambahan untuk masyarakat, kami juga membantu memasarkan apa yang sudah diolah dari hasil tangkapan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *