Mahasiswa Kukerta UMRAH di Kelurahan Kawal, Kembali Mengadakan Penanaman Hidroponik Melalui Teknologi Tepat Guna.

7 Maret 2020

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2020 dihadiri mahasiswa/i kukerta UMRAH dan , kegiatan ini dilaksanakan di daerah Kelurahan Kawal.

Kegiatan ini di pandu oleh mahasiswi Kukerta UMRAH yaitu : Nuri Widyastuti. Dengan memanfaatkan alat pipa yang akan dijadikan  penanaman hidroponik, kami merangkai pipa tersebut untuk aliran air yang akan digunakan untuk tanaman hidroponik. 

Hidroponik bisa ditanaman dengan memanfaatkan sisa lahan yang tidak terpakai, dengan adanya hidroponik bisa menambah nilai estetika dengan adanya sisa lahan. Hdiroponik menggunakan teknik bercocok tanam dengan media air. Metode ini cocok dengan memanfaatkan sisa lahan yang sempit, selain memberikan efek hijau yang menyegarkan, kita bisa memetik hasilnya untuk dikonsumsi sehari-hari.

Manfaat dari hidroponik yaitu, penggunaan air jadi lebiih efisien, tanaman tumbuh jadi lebih cepat, tidak membutuhkan media tanah sebagai media utamanya, hasil panen nya bisa lebih banyak, tidak tergantung cuaca, dan penggunaan pupuk lebi hemat.

Membuat tanaman dengan cara hidroponik bisa saat waktu luang, membuat tanaman hidroponik hanya diperlukan beberapa bahan. Kami sudah membuat tanaman hidroponik kangkung. Alat dan Bahan yang digunakan yaitu, pertama bibit kangkung, air, tisu, dan wadah untuk menyemai kangkung. Langkah- langkah nya sangat mudah dilakukan, pertama basahkan terlebih dulu tisu nya, letakkan tisu dalam wadah. Lalu masukkan bibit kangkung ke dalam wadah dan masukkan air ke dalam wadah, yang terakhir tutup dengan plastic warna hitam dan butuh penyemaian selama 1 hari. Setalah satu hari buka tutup plastic, dan kenalkan ke sinar matahari.

Tahapan cara menanam hidroponik dengan penyemaian benih tanaman, menyiapkan media tanaman, pemberian nutrisi dan perawatan tanaman. Beberapa factor harus diperhatikan dalam penanaman hidroponik, jika teknik yang digunakan sangat bagus maka hasilnya akan bagus juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *