Mahasiswa Kukerta UMRAH 2020 Sosialisasi Berbudi Luhur dan Gemar Menabung

Mahasiswa KUKERTA UMRAH bersama para siswa SDN 007 Gunung Kijang

Akhirnya hari yang di tunggu – tunggu oleh mahasiswa KUKERTA UMRAH 2020 , datang juga. Hari ini merupakan pelaksanaan program kerja pertama dari mahasiswa KKN UMRAH, yaitu sosialisasi ke SDN 007 Gunung Kijang. Sosialisasi yang disampaikan oleh mahasiswa KKN UMRAH bertemakan “Berbudi Luhur dan Gemar Menabung “. Sosialisasi ini berisikan materi tentang moral dan menabung sejak dini, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar siswa/siswa dapat menanamkan moral yang baik sejak dini, dan juga dapat mengetahui cara menghemat uang dengan menyisihkan uang jajan mereka untuk di tabung

Dalam kata sambutan guru yang mewakili kepala sekolah nya, diharapkan anak-anak SD Negeri 007 Gunung Kijang “mendengar dengan baik apa yang akan disampaikan, bertanya jika ada yang ingin ditanyakan, karena ilmu itu mahal.”

Kegiatan sosialisasi ini pemateri nya diisi oleh mahasiswi kukerta UMRAH sendiri yaitu, Nuri Widyastuti. Dalam penyampaian materi nya cara menanamkan moral sejak usia dini yaitu, dengan kejujuran, tanggung jawab, sikap menyayangi, tanamkan disiplin, dan mudah bergaul.

Moral merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh kita, jika kita melakukan kebiasaan yang baik maka anak tersebut akan meniru yang baik pula, begitupun sebaliknya. karena pada dasarnya anak usia dini mempunyai kecenderungan ‘peniru’ dari apa yang dilihatnya. Keluarga merupakan pondasi pertama dalam menanamkan pendidikan sejak usia dini, sebagai orangtua alangkah baiknya dalam usia dini anak dikenalkan dengan kebiasaan yang  baik, seperti dilatih dengan menggunakana bahasa yang sopan, di sekolah anak-anak juga diajarkan oleh gurunya bagaimana menanamkan moral sejak usia dini, sejak usia dini alangkah baiknya anak ditanamkan disiplin, dan lingkungan pergaulan juga sangat membentuk moral anak-anak sekarang.

Moral anak-anak sekarang  sudah mulai luntur, banyak anak-anak yang rusak moral nya melalui pergaulan bebas. Pendidikan moral sejak usia dini sangat penting Karena ini merupakan dasar pembentukan karakter anak perlu diperhatikan.  Banyak anak-anak usia dini berperilaku yang seharusnya tidak mereka lakukan, mereka melakukan itu dengan mudah dan tanpa rasa bersalah karena mereka mencontoh perilaku tersebut dengan melihat lingkungan pergaulan atau dari media sosial kemudian mempraktekannya.

Melihat mulai lunturnya pendidikan moral pada anak usia dini, pendidikan moral harus ditekankan lagi baik dalam pendidikan, keluarga, lingkungan.  Dalam hal ini baik keluarga, sekolah, dan masyarakat sekitar harus bekerja sama dan saling mendukung untuk mewujudkan pendidikan moral yang harus diajarkan dan diterapkan sedini mungkin. Dengan harapan pendidikan moral tersebut tertanam dan menjadi kebiasaan generasi muda supaya mempunyai pondasi yang baik pada diri mereka dan mereka tidak menyimpang dari kebiasaan yang sudah ditanamakan dengan baik pendidikan moral sejak usia dini.

Kegiatan ini diisi dengan rangkaian acara yang disusun untuk membuat kegiatan ini menjadi lebih menarik dan seru. Mulai dari sosialisasi tentang moral yang membuat siswa/siswi sangat antusias karena materinya menyangkut perilaku mereka sehari-harinya,sampai dengan lomba menjawab pertanya kuis dengan benar. Bahkan siswa/siswi SDN 007 GUNUNG KIJANG ini banyak yang meminta kontak mahasiswa-mahasiswa KKN UMRAH 2020 untuk pendekatan.

“Saya sangat mengapresiasi adik-adi mahasiswa karena sudah mau mengujungi sekolah ini, dab saya juga senang melihat siswa/siswi disini antusias selama acara berlangsung,semoga kegiatan adik-adik mahasiswa dapat berjalan dengan lancar dan dapat berkerjasama dikegiatan selanjutnya” kata Jumari selaku Kepala Sekolah SDN 007 GUNUNG KIJANG.

Kegiatan ini di akhiri dengan sesi foto bersama dan salam salaman dengan siswa/siswi serta guru-guru di SDN 007 GUNUNG KIJANG.

Para Mahasiswa pada saat akan sosialisasi Budi Luhur dan Rajin Menabung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *