Kolaborasi Kegiatan Posyandu Balita dan Lansia di Posyandu Kencana III Kelurahan Kawal

Foto bersama dengan ibu-ibu posyandu

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) kelurahan Kawal, Universitas Maritim Raja Ali mengikuti kolaborasi kegiatan posyandu balita dan lansia bersama posyandu kencana 3 kawal. Kegiatan posyandu dilaksanakan pada hari kamis, 20 februari 2020 dimulai dari jam 08.00 sampai dengan selesai.

Posyandu adalah kegiatan yang dilakukan oleh pihak posyandu kencana 3 dengan dihadiri perawat dari puskesmas. Posyandu dilaksanakan dengan sasaran yaitu balita (Bawah Lima Tahun) dan lansia (lanjut usia). Adapun kegiatan posyandu ini terdiri dari beberapa aktivitas didalamnya yaitu menimbang berat badan balita, mengukur tinggi badan balita, mengukur lingkar kepala balita dan pemberian vitamin A.

Hal ini dilakukan untuk dapat mengetahui dan memantau perkembangan dari balita yang bersangkutan. Data-data ini dibutuhkan agar dapat mengetahui perkembangan balita bersangkutan, dan jika adanya indikasi-indikasi terjadinya kekuranan gizi pada balita, dapat segera di tindak lanjuti, begitu juga dengan bayi-bayi yang baru saja lahir.

Kegiatan posyandu juga dilaksanakan untuk lansia (lanjut usia). Adapun pada lansia ada beberapa aktivitas yaitu penimbangan berat badan, pengecekan tensi, dan cek gula darah. Kegiatan posyandu dihadiri oleh 133 peserta dimulai dari bayi, balita dan lansia.

Mahasiswa semua turut membantu proses kegiatan posyandu sampai dengan selesai. Ada yang membantu menimbang berat badan bayi, membantu ukur tinggi balita, mencatat data bayi dan balita yang mendapat vitamin A, serta ada yang mengurus bubur kacang hijau yang dibagikan kepada peserta posyandu. Kegiatan berjalan dengan lancar sampai dengan selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *