KKN Umrah Mengadakan Kegiatan English Corner di Kawal Pesisir, Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan

26-02-2020

Ibu ketua RT kepada mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Kawal pesisir, Kawal, Rabu (26/02) mengatakan, kegiatan English corner ini dilakukan dua kali, yaitu hari Rabu dan Sabtu (26&29/02) bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang bahasa inggris di luar pelajaran yang telah di berikan atau di dapat di sekolah nya masing masing.

“Ini merupakan kegiatan English corner perdana yang dilakukan Mahasiswa KKN di Kelurahan Kawal, rencananya menjadi agenda yang berkelanjutan di KKN selanjutnya yang mendapat kan tempat KKN di Kelurahan Kawal agar anak-anak yang ada di Kawal Pesisir dapat lebih meningkatkan pengetahuan tentang penting nya bahasa inggris di dunia kerja kelak, terlebih untuk anak anak yang telah putus sekolah harus lebih ekstra lagi pengetahuan nya mengenai pelajaran bahasa inggris ini”, ujar Ibu RT.

Kawal pesisir di pilih, karena tempat tersubut terletak di daerah pesisir yang notabene tingkat pendidikannya masih bisa dikatakan kurang dan perlu dilakukan pengajaran lebih. Selain itu, di daerah tersebut masih terdapat anak yang buta aksara. Hal ini lah yang semakin menguatkan kami untuk memilih Kawal pesisir sebagai tempat kami untuk menjalankan program kerja English corner kami.

“Selama dua kali kegiatan pengajaran yang Mahasiswa lakukan juga diselingi dengan permainan dan menyanyi bersama agar para perserta yang ikut serta tidak merasa bosan dengan pengajaran yang terkesan monoton saja. Dengan menggunakan teknik tersebut terbukti para peserta yang mengikuti program English corner tidak ada merasa jenuh, malahan para peserta mengikuti kegiatan dengan penuh sukacita dan sangat gembira dengan konsep pengajaran yang mahasiswa KKN berikan”, Ujar bu RT menambahkan.

Salah satu peserta, Dian mengaku sangat terkesan dengan program English corner yang mahasiswa lakukan di Kawal pesisir. Dian mengatakan, “Saya sangat terkesan dan gembira sekali dengan adanya kegiatan ini, karena saya dapat belajar bahasa inggris dengan tidak tertekan seperti belajar di sekolah yang mana guru mengajarkan dengan serius tanpa ada seperti ini. Disini kami dapat belajar dengan senang karena diselingi dengan bernyanyi bersama dan ada permainan nya, dan itu meembuat kami tidak merasa bosan dan lebih cepat mengerti dengan yang diajarkan sama kakak-kakak mahasiswa”

Kami sebagai mahasiswa KKN sangat senang dan merasa sangat bersyukur dengan semua tanggapan positif yang di berikan dari Lurah, Tokoh masyarakat, sampai peserta yang hadir di program yang kami lakukan. Dengan tenggang waktu yang hanya satu bulan di KKN gelombang pertama ini, sebenarnya sangatlah kurang bagi kami untuk lebih lagi mengabdi pada masyarakat yang mana di tempat kami melaksanakan KKN. Tapi, kami sebagai mahasiswa yang mana di mindset masyarakat adalah kaum intelektual kami haruslah bersikap sebagaimana layaknya mahasiswa yaitu bersikap professional. Dengan waktu yang hanya satu bulan itu, kami menggunakannya dengan semaksimal mungkin untuk mengabdi kepada masyarakat khususnya masyarakat yang berada di kelurahan Kawal.

Jadi, dengan sudah terlaksanya KKN kami di kelurahan Kawal semoga kedepannya pihak pemerintah melakukan sedikit program pengajaran khususnya bahasa inggris kepada masyarakat yang ada di pesisir. Agar, masyarakat pesisir tidak ada merasa tertinggal lagi ataupun merasa di diskriminasi mengenai pengetahuan bahasa inggris. Melihat situasi dan kondisi tempat tersebut juga banyak tempat wisata dan kebanyakan wisatawannya berasal dari luar negeri yang mana bahasa internasional nya ialah bahasa inggris.

Dengan ini juga semoga kedepannya mahasiswa KKN yang mendapat tempat KKN di Kelurahan Kawal dapat melanjutkan program yang sudah pernah di laksanakan mahasiswa sebulumnya, dengan didukung program baru yang lebih berinovasi dari mahasiswa KKN yang akan datang. Agar esensi dari KKN (Kuliah Kerja Nyata) tersebut benaran terimplementasikan ke ruang lingkup masyarakat yang merasakan dampak dari adanya progam mahasiswa KKN tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *